February 2, 2021 admin

Ternak kambing bisa jadi salah satu pilihan anda untuk memulai bisnis yang terbilang sangat banyak manfaatnya. Nah kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai cara memulai bisnis jual beli kambing serta keuntungannya. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan jika memang ini adalah pengalaman pertama anda dalam berbisnis ternak kambing.

Sebelum anda terjun di bisnis ini dan mempersiapkannya perlu anda ketahui, kambing merupakan hewan ternak yang cukup banyak dicari. Biasanya dibutuhkan untuk usaha rumah makan kecil hingga restoran besar. Selain itu biasanya dicari untuk digunakan dalam acara-acara keagamaan seperti aqiqah dan idul adha.

Berikut ini adalah beberapa cara ternak kambing yang tepat supaya anda dapat memulai bisnis jual beli kambing.

  1. Persiapkan Lahan
    Hal utama yang perlu disiapkan pertama kali adalah lahan karena kambing merupakan hewan ternak yang butuh ruang gerak yang cukup luas. Lahan yang disiapkan harus cukup untuk membua kandang kambing juga tempat kambing bergerak bebas.

    Perlu diperhatikan, carilah lahan yang memiliki jarak cukup jauh dengan lahan pemukiman, idealnya adalah sekitar 20-30 meter dari pemukiman. Ini dikarenakan agar tidak mengganggu aktivitas serta menjauhi bau kambing yang khas.
  2. Buat Kandang Kambing Modern
    Kandang kambing yang modern adalah memiliki bentuk seperti rumah panggung dengan bahan terbuat dari kayu untuk meminimalisir biaya yang besar saat mebangun kandang. Bentuk panggung ini juga mempermudah anda dalam membersihkan kandang kambing dari kotoran.

    Untuk ukurannya bisa disesuaikan yah dengan jumlah kambing yang dimiliki. Biasanya 1 ekor kambing memiliki ruang gerak sekitar 1,5 x 1,5 meter persegi.
  3. Memilih Kambing yang Tepat
    Untuk memulai ternak kambing, pilih bibit kambing dengan usia sekitar 8 bulan hingga 1 tahun. Untuk jenis kelaminnya biasanya yang baik adalah memiliki 3 ekor betina dan 2 ekor jantan di awal berternak.
  4. Persiapkan Pakan Kambing Berkualitas
    Pakan kambing sebetulnya tidak terlalu sulit, mereka bisa makan apa saja terutama tumbuh-tumbuhan hijau, seperti rumput, daun segar, daun singkong, bahkan sayuran sisa.

    Sebelum anda berikan ke kambing, pastikan kalau tumbuh-tumbuhan tersebut dijemur dulu selama lebih kurang 2 jam untuk meminimalisir kemungkinan racun dan bakteri yang menempel. Selain rumput-rumputan, kambing juga perlu vitamin dan konsentrat yang berfungsi mempercepat penggemukan badannya.
  5. Pengembangbiakan
    Pengembangbiakkan dengan cara mengawinkan kambing jantan dan betina yang sudah siap kawin. Umur ideal kambing yang sudah siap kawin adalah berumur 12 bulan atau 1 tahun. Cara kita mengetahui kambing yang sudah siap kawin, kamu harus melihat tanda-tanda dari fisik kambing. Biasanya, kambing yang sudah siap kawin akan sering mengibas-kibaskan ekornya, kambing terlihat gelisah, nafsu makannya sedikit berkurang dari biasanya.

    Setelah melihat tanda-tanda tersebut, satukan kambing jantan dan betina di dalam satu kandang untuk proses perkawinan. Lama masa kandungan kambing betina adalah sekitar 5-6 bulan normalnya.
  6. Masa Panen Kambing
    Kambing dapat dijual dan siap dipotong jika usianya sudah mencapai satu tahun. Harga kambing beragam, mulai dari Rp 1,8 juta hingga Rp 3 jutaan tergantung dari beratnya juga. Sebab harga jual kambing ditentukan berdasarkan besar kecilnya ukuran tubuh kambing dan jenisnya.

Gimana, cukup mudah bukan? Memulai bisnis jual beli kambing ini terbilang mudah dan banyak manfaat serta keuntungannya. Apalagi sekarang banyak pelaku bisnis aqiqah yang membutuhkan banyak kambing untuk keberlangsungan usahanya. Terlebih permintaan aqiqah Jakarta yang sangat banyak sekali. Selain itu ada musim dimana orang-orang banyak mencari kambing disaat musim haji atau menjelang lebaran idul adha untuk berkurban.